6 Rekomendasi Universitas Terfavorit dan Unggul di Kota Depok

informationabout.org – Bagi warga Depok, rasanya tidak terlalu sulit jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena banyak universitas di Depok yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik. Mulai dari universitas negeri terfavorit hingga swasta yang cukup bonafid.

Seperti di ketahui, Kota Depok masuk dalam kawasan megapolitan Jabodetabek. Tentu beragam slot server thailand fasilitas belajar yang di miliki perguruan tinggi di Depok cukup lengkap mumpuni guna membentuk mahasiswa yang siap menghadapi masa depan.

Ingin tahu apa saja universitas di Depok yang bisa dijadikan referensi? Dengan senang hati kami rekomendasikan 10 universitas di Depok yang patut Anda pertimbangkan untuk masa depan yang lebih baik. Yuk, cek berikut ini!

Rekomendasi Universitas Depok

1. Politeknik Negeri Jakarta

Masuk dalam jajaran universitas di Depok, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dahulunya bernama Politeknik Universitas Indonesia/Fakultas Non-Gelar Teknologi (FNgT). Poltek UI mulai berdiri pada tahun 1982 kemudian berubah menjadi PNJ pada tahun 1998.

PNJ merupakan institusi pendidikan tinggi berstatus negeri yang menghadirkan pendidikan vokasi. Kampus mempunyai tujuh jurusan dan 36 program studi yang dengan jenjang pendidikan D-3 (Ahli Madya-A.Md.), Sarjana Terapan (S.Tr.), dan Magister Terapan (M.Tr.).

PNJ membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian yang seimbang. Keseimbangan dapat terlihat dari kurikulum dengan rasio 40% teori dan 60% praktik. Seiring perubahan paradigma, mahasiswa pun mendapatkan mata kuliah kewirausahaan dan penjaminan mutu (quality management) untuk lebih kreatif dan inovatif.

2. Universitas Gunadarma Depok

Dunia teknologi informasi dan komputer menjadi program studi unggulan bagi lucky neko universitas di Depok yang satu ini. Ya, nama besar Gunadarma sejak awal berdirinya, yakni tahun 1981, memang sudah fokus pada bidang komputer. Pertama kali beroperasi di Jakarta, cikal bakal Universitas Gunadarma ini bernama Program Pendidikan Ilmu Komputer.

Dalam perjalanannya, Gunadarma melebarkan sayap ke berbagai wilayah, terutama ke kawasan Depok. Setiap kampus Gunadarma diberi nama berdasarkan abjad. Di Depok, Gunadarma resmi beroperasi pada tahun 1987 dengan sebutan Kampus D. Hingga saat ini, ada empat kampus Gunadarma di Depok, yakni Kampus D, E, G, dan H.

3. Universitas Pembangunan Nasional

Salah satu universitas di Depok yang di kenal dengan UPN “Veteran” Jakarta ini masih terbilang baru menyandang status perguruan tinggi negeri. Tahun 2014 lalu, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta secara resmi beralih status dari swasta ke negeri berdasarkan Peraturan Presiden Nomor: 120.

Cikal bakal UPN “Veteran” Jakarta sendiri sudah di mulai sejak tahun 1967. Kala itu masih bernama Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran” Cabang Jakarta. Tahun 1977, kampus yang berinduk di Jogjakarta ini berubah menjadi universitas (UPN “Veteran” Cabang Jakarta).

Baca Juga : 10 Perguruan Terbaik dan Teruggul di Ibu Kota Jakarta

4. Politeknik Imigrasi

Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Salah satu perguruan tinggi di Depok ini menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan. Dahulu, Poltekim di kenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM).

Tahun 2016, AIM berubah menjadi Poltekim dengan jenjang pendidikan terapan (vokasi) Diploma IV. Saat ini, Politeknik Imigrasi memiliki empat program studi yang terdiri dari tiga Program Studi Diploma IV, yaitu Program Studi Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, Manajemen Teknologi Keimigrasian, dan satu Program Studi Diploma III Keimigrasian.

5. Universitas Bina Sarana Informatika

Salah satu universitas di Depok yang cukup di kenal adalah Universitas Bina Sarana Informatika atau UBSI. Berstatus sebagai perguruan tinggi swasta, kampus yang terletak di jalan protokol Kota Depok ini termasuk yang banyak di minati para calon mahasiswa.

Perubahan UBSI dari sebelumnya bernama Akademi BSI merupakan salah satu kesiapan BSI dalam menghadapi era disruptif. Selama 30 tahun berkiprah dan eksis di dunia pendidikan tinggi, BSI cukup memberi dampak bagi perkembangan sumber daya manusia Indonesia.

6. Universitas Nusa Mandiri

Berawal dari STMIK Nusa Mandiri yang berdiri pada tahun 2001, universitas di Depok ini terus berkembang. Mulanya hanya menyajikan jenjang pendidikan sarjana, lantas pada tahun 2008 sudah membuka program pascasarjana.

Dua puluh tahun berlalu, tepatnya tahun 2021, SMIK Nusa Mandiri beralih status menjadi Universitas Nusa Mandiri atau UNM. Kini, UNM memiliki dua fakultas, yakni fakultas teknologi informasi serta fakultas ekonomi dan bisnis. Dari dua fakultas tersebut terdapat 7 program studi pilihan, mulai sistem informasi, teknik informatika, ilmu komputer, manajemen, hingga perhotelan.